digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Keimas Putra Nugraha
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Internet merupakan suatu hal yang hampir digunakan semua orang pada saat ini. Internet digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam mencari informasi, berkomunikasi, sampai untuk berbelanja. Seiring dengan pesatnya perkembangan internet khususnya di Indonesia maka makin banyak bermunculan platform baru yang menggunakan basis internet untuk menjalankannya, salah satunya adalah sebuah platform untuk melakukan transaksi jual dan beli secara online atau yang sekarang lebih kita kenal dengan nama E-commerce. Perkembangan e-commerce di Indonesia dimulai dari munculnya sebuah forum untuk mengiklankan dagangan mereka sampai saat ini berbentuk sebuah platfom yang tidak hanya untuk mengiklankan produk mereka melainkan bisa digunakan untuk bertransaksi melakukan pembayaran. E-commerce juga berkembang menjadi sebuah ekosistem penyedia layanan logistic dimana sangat dibutuhkan untuk mendistribusikan barang dari seller ke pihak customer. Saat ini terdapat berbagai macam perusahaan e-commerce di Indonesia dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing, salah satunya adalah Jualbeli.com. Jualbeli.com merupakan perusahaan e-commerce di Indonesia yang telah berdiri dari tahun 2011 dan merupakan bagian dari DJRM Group. DJRM Group merupakan salah satu konglomerasi terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Jualbeli.com memiliki focus kategori yang salah satunya adalah home & living. Namun dibanding dengan para kompetitornya penjualan kategori home & living di Jualbeli.com tidak sebaik para kompetitornya. Padahal market share produk home & living secara nasional terus tumbuh setiap tahunnya. Ditambah pada tahun 2020 terdapat pandemic dimana semua orang lebih sering dirumah karena pergerakannya dibatasi yang menyebabkan mereka banyak membutuhkan perlengkapan rumah tangga. Penelitian ini focus pada bagaimana Jualbeli.com bisa menghadapi kondisi tersebut dengan meningkatkan penjualan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan analisa internal yang terdiri dari Segmenting, Targeting, and Positioning, 7P’s Marketing Mix, dan internal interview. Selain itu ada anlisa eksternal yang terdiri dari PESTEL, Porter 5 Forces, analisa customer, dan analisa kompetitor. Dimana dari analisa tersebut diterjemahkan kedalam analisa SWOT dan TOWS matrix. Dari analisa-analisa tersebutt akan menghasilkan Proposed Segmenting, Targeting, and Positioning dan Proposed 7P’s Marketing Mix. Selain itu, penulis juga memberikan rekomendasi-rekomendasi terkait dengan masalah ini. Dimana hal tersebut diharapkan bisa membantu dan diimplementasikan oleh Jualbeli.com untuk membantu meningkatkan sales perusahaan.