digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Poppy Ophelia Dailami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PT Gunajaya merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan jasa teknologi informasi yang memfokuskan kepada Industri transportasi udara. Setiap tahun PT Gunajaya ditargetkan untuk meningkatkan penjualannya sehingga diperlukan analisa serta strategi untuk meningkatkan pejualan tersebut. Dalam penelitian ini akan di bahas lebih dalam mengenai hal – hal apa saja yang menjadi perhatian dan kriteria konsumen dalam pengambilan keputusan untuk pembelian layanan informasi teknologi yang di sediakan oleh PT Gunajaya. Dengan analisa perilaku konsumen ini diharapkan dapat memberi masukan serta solusi apa saja yang harus di lakukan untuk memperbaiki layanan dan meningkatkan penjualan PT Gunajaya. Sejak awal tahun 2020 dan hingga penulisan tugas akhir ini dilakukan di seluruh dunia mengalami Pandemi Covid-19 dimana sangat berdampak khususnya terhadap dunia penerbangan. Dalam penelitian ini juga akan di bahas bagaimana menghadapi tantangan penjualan dimasa Pandemi. Penelitian ini didasarkan pada analisis akar penyebab dengan analisis internal dan eksternal untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penjualan PT Gunajaya. Langkah pertama yang dilakukan adalah analisis eksternal dan internal untuk mendapatkan masalah utama. Setelah menemukan penyebab permasalahan tersebut, kemudian ditentukan alternatif pemecahannya untuk dianalisis menggunakan analisis keputusan untuk menentukan alternatif mana yang akan diterapkan. Analisis terakhir yang digunakan adalah analisis potensi masalah untuk mengetahui potensi masalah yang akan terjadi di masa mendatang dan tindakan pencegahan yang harus dilakukan mulai saat ini.