digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri desain visual sedang berkembang pesat di Indonesia. Namun, banyak pelaku kreatif yang menghadapi tantangan pertumbuhan bisnis. Salah satunya adalah Créatifgens Design Studio yang sedang mengalami penurunan di kinerja penjualan. Untuk mengatasi masalah ini, kerangka AFI digunakan untuk mendapatkan solusi yang tepat. Dimulai dengan tahap analisis yang meliputi analisis lingkungan bisnis eksternal dan internal. Kemudian hasil yang diperoleh digunakan untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan menghasilkan solusi efektif yang termasuk dalam tahap analyze. Setelah diselidiki, ternyata bisnis tersebut kurang menerapkan riset pasar, kurang integrasi antar sistem operasi, dan keterbatasan sumber daya manusia. Oleh karena itu, solusinya dibagi menjadi solusi utama dan solusi lainnya. Solusi utamanya adalah memusatkan CRM, manajemen proyek klien, dan saluran komunikasi ke dalam satu platform. Solusi lainnya terdiri dari peningkatan produk sesuai dengan kebutuhan target pelanggan, penerapan multi-peran untuk para pendiri, mempekerjakan desainer lepas, mengaktifkan media sosial, dan mendaftar di bursa kerja. Pada akhirnya, tahap implementasi menyajikan nilai-nilai praktis dari solusi yang dirancang melalui linimasa solusi dan kebutuhan sumber daya yang diperlukan. Oleh karena itu, Créatifgens Design Studio harus fokus dalam memperkuat sumber dayanya untuk melaksanakan solusi secara efektif.