Cover
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Abstrak
PUBLIC karya Abstract
PUBLIC karya Tesis
PUBLIC karya
Game semakin sering digunakan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, edukasi
yang memanfaatkan game banyak beredar, salah satunya adalah game edukasi. Game edukasi
dapat ditemui di berbagai platform digital seperti smartphone, web, desktop, dan sebagainya.
Akan tetapi, dari sekian banyak aplikasi game edukasi digital ini, kualitas dalam penyampaian
konten edukasinya beragam karena beberapa game mungkin tidak menerapkan konsep
pembelajaran yang efektif dalam gamenya. Dengan kerangka kerja evaluasi game edukasi yang
ada, penilaian bersifat subjektif sehingga sulit untuk dibandingkan antar evaluator. Untuk itu,
penelitian ini dibuat untuk merumuskan sebuah kerangka kerja yang bertujuan untuk
mengevaluasi kualitas game edukasi secara objektif berdasarkan hal yang selalu ada pada
setiap game, yaitu mekanik game. Kerangka kerja dibangun dengan basis taksonomi Bloom
untuk mengidentifikasi sisi edukasi dalam game yang dievaluasi dan MDA Framework untuk
mengidentifikasi sisi game nya. Basis ini dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan mekanik
edukasi dan mekanik game yang membantu edukasi. Kerangka kerja kemudian membantu
evaluator menilai tiap mekanik utama berdasarkan standar kerangka kerja evaluasi yang
diturunkan dari analisis kerjangka kerja evaluasi game edukasi sebelumnya umumnya beserta
target penggunanya untuk mendapatkan ukuran standar yang akurat.
Untuk mengevaluasi mekanik yang membantu mekanik edukasi utama, dibangun sebuah tool
yang memberikan rekomendasi mekanik-mekanik tertentu yang biasa digunakan untuk target
edukasi tertentu. Tool ini digunakan untuk memberikan kesesuaian mekanik berdasarkan data
game edukasi yang dikumpulkan dalam penelitian. Hasil penilaian mekanik utama dan
kesesuaian mekanik pembantu menjadi pertimbangan utama kerangka kerja dalam
memberikan skor akhir untuk tiap game. Dengan kerangka kerja ini, game edukasi dapat dinilai
dengan lebih objektif dan kuantitatif berdasarkan elemen teknis dan mendasar yang ada pada
setiap game.