13516017_Muhammad Nurraihan Naufal_Cover.pdf6?
PUBLIC karya 13516017_Muhammad Nurraihan Naufal_AbstrakIndonesia.pdf
]
PUBLIC karya 13516017_Muhammad Nurraihan Naufal_AbstrakEnglish.pdf)u
PUBLIC karya 13516017_Muhammad Nurraihan Naufal_LembarPengesahan.pdf
]
PUBLIC karya 13516017_Muhammad Nurraihan Naufal_BukuTA.pdf?
PUBLIC karya
Bertumbuhnya industri pariwisata di Indonesia menciptakan peluang bertumbuhnya
beragam aplikasi agen perjalanan. Salah satu aspek yang penting pada aplikasi adalah
usability karena dapat menentukan apakah pengguna akan terus menggunakan aplikasi
tersebut atau tidak. Meningkatkan usability dari suatu aplikasi dapat dilakukan dengan
melakukan perancangan ulang yang berfokus pada User Experience (UX) writing karena
dapat membantu memenuhi tujuan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Dalam
melakukan perancangan tersebut, dibutuhkan prinsip-prinsip sebagai modal awal
perancangan tulisan yang baik pada suatu aplikasi. Prinsip-prinsip yang dipilih
berdasarkan hasil kuesioner, wawancara, dan studi literatur dari berbagai pedoman UX
writing yang sudah ada untuk diterapkan dalam perancangan interaksi ini adalah clear,
simple, concise, conversational, dan purposeful. Metodologi yang digunakan dalam
perancangan interaksi aplikasi agen perjalanan daring ini adalah pendekatan usercentered design. Pengumpulan data terkait perilaku, masalah, dan kebutuhan pengguna
dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Rancangan interaksi dihasilkan
dalam dua iterasi, yaitu prototipe low-fidelity dan prototipe high-fidelity. Berdasarkan
hasil pengujian terakhir menggunakan metode usability testing, usability goals
effectiveness berhasil dicapai dengan dengan nilai completion rate sebesar 100% dan
learnability berhasil dicapai dengan nilai SEQ rata-rata sebesar 6,66 dari 7. Selain itu,
user experience goals helpful berhasil dicapai dengan nilai IMI subskala value/usefulness
rata-rata sebesar 6,52 dari 7 dan satisfying berhasil dicapai dengan nilai SUS rata-rata
sebesar 90,31 dari 100. Prinsip UX writing yang dipilih untuk diterapkan juga berhasil
dicapai dengan nilai secara keseluruhan sebesar 4,65 dari 5 berdasarkan hasil usability
testing dan 9,48 dari 10 berdasarkan hasil heuristic evaluation.