digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Rizky Mauludhy
PUBLIC Dewi Supryati

PT Kompacindo Area Utama merupakan perusahaan distributor sekaligus assembler selang, fitting, dan adapter hidrolik yang melakukan kegiatan bisnis Business to Business (B2B). Menurut Bapak Juhali selaku Direktur Utama PT Kompacindo Area Utama, salah satu departemen yang memerlukan perhatian khusus adalah Departemen Administrasi dikarenakan proses bisnis yang dijalankan Departemen Administrasi berhubungan langsung dengan pihak eksternal perusahaan. Permasalahan yang dihadapi di Departemen Administrasi adalah ketidakteraturan pengelolaan dan penyimpanan dokumen-dokumen transaksi dengan pelanggan dan supplier serta beberapa pesanan konsumen terlambat ditangani. Direktur Utama berharap pengerjaan proses bisnis di Departemen Administrasi bisa berjalan lebih cepat dengan mengedepankan efektivitas pengelolaan dokumen. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, proses bisnis administrasi dokumen di Departemen Administrasi dirancang untuk diperbaiki dengan langkah-langkah metode BPI. Langkah-langkah perancangan perbaikan proses bisnis meliputi identifikasi proses bisnis, penentuan subproses bisnis prioritas, analisis waktu proses pelaksanaan dengan time study, analisis VAA, pemetaan subproses bisnis prioritas, serta perancangan dan analisis perbaikan subproses bisnis prioritas. Sistem-sistem perbaikan yang diterapkan pada subproses bisnis prioritas diestimasi mampu mengurangi waktu pelaksanaan bulanan subproses dari 83.833,65 detik menjadi 56.975,97 detik dengan persentase penurunan sebesar 32,04%. Hasil analisis VAA menunjukkan peningkatan jumlah subaktivitas berjenis RVA dari 40% menjadi 61,90%, penurunan jumlah subaktivitas berjenis BVA dari 51,43% menjadi 38,10%, dan penurunan jumlah subaktivitas berjenis NVA dari 8,57% menjadi 0%. Kata kunci: