digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan di dunia advanced driver assistance systems (ADAS) khususnya vehicle forward collision warning system (FCWS) pada mobil pribadi sudah sangat pesat karena bisa mendeteksi berbagai jenis objek yang ada di depan mobil dan melakukan tindakan yang sesuai untuk tetap menjaga jarak aman antar kendaraan. Akan tetapi, sistem ini hanya tersedia pada mobil tipe tertentu dan perkembangan teknologi sistem ini sebagai adds-on pada existing car di Indonesia masih sulit diakses dan harganya yang relatif mahal. Sehingga diperlukan suatu sistem addson yang sesuai dengan existing car di Indonesia yang belum memiliki sistem vehicle forward collision warning system dan dengan harga yang terjangkau. Sistem ini memerlukan data kecepatan kendaraan untuk menentukan batasan minimum jarak aman yang diperlukan pada waktu tersebut, serta data jarak untuk memverifikasi apakah batasan jarak tersebut telah dipenuhi atau belum. Pada dokumen ini akan dijelaskan mengenai metode akuisisi, implementasi serta evaluasi dari kedua data tersebut. Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa instrumentasi data jarak dan kecepatan ini sudah memenuhi spesifikasi minimum yang diinginkan agar sistem Forward Collision Warning System dapat berfungsi dengan baik.