digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sektor kreatif di Indonesia didorong untuk berkontribusi pada perekonomian nasional. Perekonomian industry kreatif perlu memastikan bagaimana memaksimalkan kinerja untuk pertumbuhan ekonomi. BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) menyampaikan statistik desain grafis memberikan kontribusi 0,07% terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) dimana desain grafis merupakan sub sector terkecil dalam industri kreatif terdapat lebih banyak peluang di industri ini dengan konsep yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Adagio Environmental Graphics Design Studios adalah perusahaan kecil di bidang desain grafis dengan melihat potensi dan memanfaatkan peluang khususnya di kota Bandung dan Jakarta. Akan tetapi, permasalahan perusahaan adalah kehilangannya projek dari bulan Februari sampai Juli tahun 2020. Strategi pemasaran yang tepat penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis internal dan eksternal digunakan dengan studi literatur, internal analisis STP dan bauran pemasaran berbasis teori dan jurnal serta buku. Serta analisis eksternal yang menganalisis PESTEL dan lima kekuatan porter juga melakukan analisis pesaing. Pembandingan kompetitor dengan wawancara mendalam dengan beberapa responden dari industri sejenis di bidang desain grafis untuk mendapatkan wawasan dan menganalisis strategi pemasaran juga kegiatan pemasaran mereka. Juga Matriks SWOT untuk mengidentifikasi masalah utama perusahaan dan diterapkan pada matriks TOWS. Berdasarkan eksplorasi, perusahaan harus menyediakan situs web yang responsive dan mempromosikan melalui iklan media sosial serta faktur bentuk layanan yang baik berdasarkan TOWS Matrix dan perbandingan dengan pesaing di perusahaan serupa. Untuk menggunakan Langkah sistematis hasil dalam jadwal pemasaran yang disusun dalam jangka waktu enam bulan untuk memuat anggaran.