Sektor kreatif di Indonesia didorong untuk berkontribusi pada perekonomian nasional.
Perekonomian industry kreatif perlu memastikan bagaimana memaksimalkan kinerja untuk
pertumbuhan ekonomi. BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) menyampaikan statistik desain
grafis memberikan kontribusi 0,07% terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) dimana desain
grafis merupakan sub sector terkecil dalam industri kreatif terdapat lebih banyak peluang di
industri ini dengan konsep yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.
Adagio Environmental Graphics Design Studios adalah perusahaan kecil di bidang desain
grafis dengan melihat potensi dan memanfaatkan peluang khususnya di kota Bandung dan
Jakarta. Akan tetapi, permasalahan perusahaan adalah kehilangannya projek dari bulan
Februari sampai Juli tahun 2020.
Strategi pemasaran yang tepat penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis
internal dan eksternal digunakan dengan studi literatur, internal analisis STP dan bauran
pemasaran berbasis teori dan jurnal serta buku. Serta analisis eksternal yang menganalisis
PESTEL dan lima kekuatan porter juga melakukan analisis pesaing. Pembandingan
kompetitor dengan wawancara mendalam dengan beberapa responden dari industri sejenis
di bidang desain grafis untuk mendapatkan wawasan dan menganalisis strategi pemasaran
juga kegiatan pemasaran mereka. Juga Matriks SWOT untuk mengidentifikasi masalah
utama perusahaan dan diterapkan pada matriks TOWS.
Berdasarkan eksplorasi, perusahaan harus menyediakan situs web yang responsive dan
mempromosikan melalui iklan media sosial serta faktur bentuk layanan yang baik
berdasarkan TOWS Matrix dan perbandingan dengan pesaing di perusahaan serupa. Untuk
menggunakan Langkah sistematis hasil dalam jadwal pemasaran yang disusun dalam jangka
waktu enam bulan untuk memuat anggaran.