2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Abstract.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - List of Contents.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Chapter 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Chapter 2.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Chapter 3.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Chapter 4.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Chapter 5.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - References.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2020 TS PP Riefky Amarullah Romadhoni [29017004] - Appendix.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Industri pariwisa telah menjadi kunci utama terhadap perkembangan ekonomi di dunia sejak beberapa tahun yang lalu. Selain itu, gambaran atau image untuk kota pariwisata juga penting untuk menentukan kesuksesan dari kota wisata tersebut. Dengan menggunakan opini dari netizen di social media, kita dapat menentukan persepsi image netizen mengenai kota Bandung dan membangun brand yang positif sesuai dengan image tersebut. Riset ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atau image yang berasal dari netizen mengenai kota Bandung, teruma di bagian budaya dan pariwisata. Riset ini juga bertujuan untuk menerapkan topic modelling untuk mendapatkan image atau gambaran mengenai kota Bandung tersebut. Setelah mendapatkan image mengenai kota Bandung, riset ini juga mengusulkan untuk membuat brand Kota Bandung sesuai dengan opini netizen. Riset ini menggunakan pendekatan big data dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang diambil adalah post dari social media Twitter yang mengandung kata “Bandung” (keyword). Post yang diambil adalah post pada jangka waktu pertengahan bulan Agustus hingga akhir bulan October 2018. Setelah membersihkan data, riset ini menggunakan metodologi deskriptif analisis dan LDA untuk menganalisa data tersebut. Data yang diambil dibagi menjadi 2 tipe, yaitu data yang mengandung post retweet dan data yang tidak mengandung post retweet. Hasil yang didapatkan dalam riset ini adalah ada 10 kategori yang menjadi pembicaraan orang di sosial media Twitter mengenai kota Bandung. Hasil dari riset ini menunjukan bahwa metodologi deskriptif analisis dan LDA menghasilkan hasil yang mirip dan mempunyai kelemahan dan kekuatan masing-masing. Kategori yang sebelumnya didapatkan kemudian digabungkan untuk membentuk 3 brand utama yang yang dapat membantu Bandung untuk dapat berkembang sebagai tempat tujuan turis. Riset ini berguna untuk menemukan pengaruh dari sosial media dalam membentuk Destination Image sebuah kota dan juga membentuk Brand yang sesuai dengan kota tersebut.