digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebagian besar penelitian tentang niat perilaku turis menggunakan kualitas servis, kepuasan, dan perceived value sebagai faktor yang mempengaruhi. Dalam penelitian ini, peran dari brand (destination) image dan atraksi alternatif turut digunakan sebagai faktor yang berpengaruh selain kulitas servis, kepuasan, dan perceived value. Penelitian ini juga menganalisis deskripsi analisis dan pengaruh tiap faktor terhadap niat perilaku turis asing di Kota Bandung. Responden dalam penelitian ini berjumlah 391 turis asing yang mengunjungi Kota Bandung antara bulan Januari 2015 hingga Juli 2016. Analisa multiple linear regression digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hubungan antar variable. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwakualitas servis, kepuasan, perceived value, destination image dan atraksi alternatif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niatan perilaku turis asing di Kota Bandung. Kondisi terkini dan kekuatan pengaruh tiap variabel juga didiskusikan dalam penelitian ini. Dengan hasil dari penelitian ini, stakeholder dari pariwisata Kota Bandung, khususnya pemerintah Kota Bandung dapat memahami dan fokus dalam memperbaiki faktor yang membutuhkan perhatian untuk mempengaruhi niat perilaku turis asing. Implikasi manajerial dan saran-saran untuk penelitian lebih lanjut turut dijelaskan dalam penelitian ini.