Cover
PUBLIC karya Abstrak dan Abstract
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Tugas Akhir
PUBLIC karya
Salah satu aspek kehidupan yang telah terdisrupsi oleh transformasi digital adalah finansial. Kini,
transaksi tanpa uang tunai semakin marak di Indonesia. Selain itu, hampir setiap bank sudah
memiliki mobile banking atau aplikasi mobile perbankan digital. Namun, tidak semua golongan
masyarakat dapat mengakses layanan perbankan dengan mudah. Salah satu golongan ini adalah
masyarakat penyandang disabilitas, khususnya penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra
sering dipersulit dan mendapat diskriminasi saat membuka rekening bank. Terlebih lagi, mobile
banking atau aplikasi mobile perbankan digital yang ada sekarang memiliki aksesibilitas yang
rendah bagi para penyandang tunanetra. Oleh karena itu, tugas akhir ini membahas perancangan
interaksi pengguna dari aplikasi mobile perbankan digital dengan metode inclusive design agar
dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat seluas mungkin, termasuk penyandang tunanetra.
Riset pada perancangan ini menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Rancangan aplikasi
mobile perbankan digital mendukung kegiatan pengguna dari mendaftar rekening sampai
melakukan aktivitas perbankan dalam aplikasi yang ditambahkan voice user interface (VUI). Hasil
dari tugas akhir ini berbentuk high-fidelity prototype dengan kriteria keberhasilan usability dan
user experience. Kriteria keberhasilan tersebut diukur melalui kuesioner System Usability Scale
(SUS), Single Ease Question (SEQ), dan wawancara. Hasil pengujian menunjukan bahwa
prototipe aplikasi telah mencapai usability goals dengan baik, yaitu efektif untuk digunakan
(completion rate sebesar 100%) dan mudah dipelajari (rata-rata skor SEQ sebesar 6,84 pada skala
1 sampai 7). Selain itu, prototipe aplikasi juga mencapai user experience goals, yaitu membantu
(skor aspek helpful sebesar 4,8 pada skala 1 sampai 5) dan memuaskan pengguna (rata-rata skor
SUS sebesar 88 pada skala 1 sampai 100).