digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari niat untuk menggunakan wadah yang dapat dikembalikan oleh mahasiswa generasi z Indonesia. Dengan bantuan teori agung tentang perilaku manusia, Theory of Planned Behavior digunakan sebagai kerangka inti dari penelitian ini untuk memprediksi niat penggunaan. Studi ini membantu untuk menemukan jawaban pada faktor yang paling berpengaruh yang mempengaruhi motivasi penggunaan, bersamaan dengan apakah wadah yang dapat dikembalikan dapat diaplikasikan dalam bisnis yang berkelanjutan. Metode SEM-PLS digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara konstruk dalam penelitian ini. Jumlah 230 responden yang valid dan dapat diandalkan dihasilkan melalui survei kuesioner online dengan pendekatan judgment sampling. Hasil yang dihasilkan menunjukkan bahwa Generasi Z Indonesia memang memiliki niat untuk menggunakan wadah yang dapat dikembalikan, tetapi lebih kuat jika faktor lingkungan ada dalam persamaan tersebut. Seperti kepedulian dan pengetahuan lingkungan. Dan bahwa kepedulian lingkungan lebih baik dilengkapi dengan pengetahuan lingkungan untuk mengatalisasi dan memperkuat niat penggunaan dengan demikian dilakukan. Harapan dari temuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan dan rekomendasi kepada pemasar, pembuat kebijakan, dan peneliti untuk penelitian masa depan mengenai kemasan non-sekali pakai, khususnya wadah yang dapat dikembalikan.