digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2000 Ida hadiyati
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

Abstrak: Pada era perdagangan bebas dan globalisasi, kemungkinan banyaknya penanaman modal asing dalam bidang kesehatan terutama dalam jasa pelayanan RS menyebabkan banyaknya alternatif pilihan bagi pasien. Hal ini jelas bahwa RS yang bermutulah yang akan menjadi pilihan pasien. Oleh karena itu menjadi tantangan bagi RS domestik untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar tetap dapat bertahan hidup dan memperoleh keuntungan. Tugas akhir ini berusaha untuk merumuskan faktor-faktor yang dianggap penting oleh konsumen yang dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (RSMB). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap pelayanan RSMB, berdasarkan 5 dimensi penentu mutu pelayanan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan komputer dan diproses dengan perangkat lunak SPSS versi 10.0.1. Hasil masukan dari responden, dimensi yang paling diharapkan adalah Tangibles, Empathy, dan Reliability. Dimensi selebihnya (Assurance dan Responsiveness) dianggap sebagai penunjang saja.