Abstrak :
Perkembangan bisnis dtbidang internet semakin meningkat didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan elektronika serta adanya perubahan kecenderungan di masyarakat yang menginginkan kemudahan dalam memperoleh inforrnasi maupun berkomunikasi. Semakin berkembangnya bisnis di bidang internet ini menyebabkan sernakin banyak muncul perusahaan penyedia jasa layanan internet (ISP) sehingga persaingan semakin meningkat. Tuntutan pasar terhadap kualitas produk dan pelayanan serta tingkat harga menyebabkan semakin rneningkatnya persaingan.
PT. Globalinter Netura sebagai salah satu penyedia jasa layanan internet di Kota Bandung membutuhkan suatu strategi bersaing agar dapat bertahan dalam kondisi saat ini dan mernenangkan persaingan. Perumusan strategi dilakukan dengan melalui beberapa rangkaian analisa yaitu anafisa kondisi eksternal, analisa profil pasar, analisa struktur industri, analisa posisi persaingan, serta analisa kondisi internal. Berdasarkan hasil analisa selanjutnya d'irurnuskan alternatif formulasi sirategi melalui serangkaian metodologi perumusan strategi (Matriks BCG, Matriks GE, Grand Strategy Matrix dan Matriks SWOT)
Dikaitkan dengan kondisi dan sumber daya perusahaan maka usulan strategi yang mungkin digunakan oleh PT. Globalinter Net ura dalam menghadapi pesaing adalah strategi intensif (market penetration, market development, product development) serta sirategi hold and maintain (market penetration, product development).