Abstrak : Perkembangan teknologi internet telah menciptakan banyak peluang bisnis baru. Para pengusaha dengan berbagai inovasi dan kreatifitas berusaha menciptakan berbagai produk dan layanan jasa dengan memanfaatkan aplikasi perkembangan teknologi internet.
Alphabet adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis eceran "non-store retailing" dengan menyediakan layanan belanja kebutuhan rumah tangga melalui telepon dan fax dengan layanan antar ke rumah. Seiring dengan berkembangya teknologi internet maka Alphabet melihat peluang yang muncul dengan membuka layanan belanja melalui internet. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sebesar 23.6 persen pertahun menciptakan sebuah segmen pasar yang potensial. Untuk itu diperlukan sebuah strategi bisnis yang tepat untuk menguasai segmen pasar pengguna internet ini,.
Proses penyusunan strategi bisnis dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap masukan strategi , tahap penyesuaian strategi dan tahap pengambilan keputusan strategi. Tahap masukan dilakukan dengan menganalisis faktor eksternal dan internal denga bantuan Matriks EFE dan IFE. Tahapan penyesuaian dilakukan dengan bantuan Matriks I - E dan Matriks grand stategy dan dilanjutkan dengan tahap pengambilan keputusan yaitu strategi bisnis yang diambil dengan mempertimbangkan hasil analisis sebelumnya.
Strategi bisnis yang dipilih berdasarkan hasil analisis adalah strategi generic diferensisasi fokus dan strategi intensif. Strategi intensif yang diusulkan adalah gabungan dari strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Strategi penetrasi pasar dilakukan dengan meningkatkan upaya pemasaran yang ditujukan kepada komunitas pelanggan internet perorangan di Bandung, Strategi pengembangan pasar yang dilakukan dengan membidik segmen perkantoran/ perusahaan yang merupakan pengguna internet di Bandung. Strategi pengembangan produk dilakukan dengan menambah lini produk yang disediakan dengan jenis produk yang diminati oleh pengguna internet baik itu perorangan maupun perusahaan