Kota Bandung memiliki predikat sebagai kota wisata dan kota kreatif yang diakui secara
nasional dan internasional. Sebagai kota wisata dan kota kreatif, konsep wisata kreatif
muncul di Kota Bandung. Tantangan Kota Bandung dalam meningkatkan kualitas wisata
kreatifnya adalah sulitnya wisatawan dalam mencari informasi maupun navigasi dalam
berwisata. Untuk memaksimalkan potensi wisata kreatif Kota Bandung, dibutuhkan
strategi dan sarana yang tepat. Salah satu sarana berwisata tersebut adalah buku
panduan wisata yang dapat membantu wisatawan mengunjungi lokasi wisata di Kota
Bandung. Perancangan yang membahas mengenai wisata kreatif Kota Bandung
difokuskan kepada wilayah Cigadung. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka
dan wawancara kepada profesional untuk menggali lebih lanjut mengenai wisata kreatif
Kota Bandung serta wawancara kepada target perancangan yang merupakan wisatawan
dewasa muda ses A. Wawancara kepada profesional dilakukan untuk memperoleh data
mengenai latar belakang dan sejarah wisata kreatif di Kota Bandung yang dimulai saat
terjadinya reformasi dan inflasi ekonomi di Indonesia. Dari proses wawancara kepada
target perancangan didapatkan data bahwa target perancangan merasa wisata kreatif
Kota Bandung adalah hal yang menarik namun belum mengetahui lebih dalam mengenai
wisata kreatif Kota Bandung serta bahwa perancangan harus memuat informasi yang
rinci dan komprehensif. Destinasi wisata yang telah terkumpul diverifikasi dan dikurasi
dengan metode observasi. Melalui observasi, didapatkan delapan destinasi wisata yang
memenuhi kriteria perancangan yaitu Rumah Budaya Rosid, Rumah Batik Komar,
Wynroses, Little Wings, URBANE, The Parlor, Orbital Dago, dan Warung Lela. Data yang
telah terkumpul mengenai destinasi wisata dan media perancangan dianalisis sesuai
preferensi target perancangan dewasa muda. Dari hasil analisis data tersebut maka
didapat konsep perancangan buku panduan interaktif dengan karakteristik modern
namun personal. Buku panduan wisata dengan aspek interaktif dapat membantu
wisatawan dewasa muda melakukan kegiatan berwisata sekaligus menjadi cinderamata
yang memberikan memori nostalgia kepada wisatawan. Buku panduan wisata
menyajikan informasi dengan singkat dan sederhana sehingga wisatawan terdorong
untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai destinasi wisata. Buku panduan wisata akan
bernilai dan memiliki makna bila sudah digunakan oleh wisatawan untuk
mendokumentasikan perjalanan wisata kreatifnya. Perancangan juga memiliki media
pendukung instagram, dimana instagram juga menjadi media komunitas penghubung
antara wisata kreatif Kota Bandung, wisatawan, dan perancangan buku panduan wisata.