digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 6 Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

LAMPIRAN Fathan Sadida
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung memiliki tujuan untuk mewujudkan Kawasan Perkotaan yang berkelas dunia sebagai pusat kebudayaan, pusat pariwisata, serta pusat kegiatan jasa dan ekonomi kreatif nasional, yang berbasis pendidikan tinggi dan industri berteknologi tinggi yang berdaya saing dan ramah lingkungan. Hal ini dapat mempengaruhi peningkatan kebutuhan transportasi di Kota Bandung. Salah satu akses dari daerah pinggiran kota menuju kedalam Kota Bandung ialah melalui Jl. Raya Cibiru-Cileunyi. Jalan Raya Cibiru-Cileunyi tidak memungkinkan untuk diperlebar karena keterbatasan lahan. Oleh karena itu, diperlukan solusi lain untuk mengatasi kemacetan selain dari sisi penyediaan, yaitu dari sisi permintaan atau demand. Park and Ride dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara di daerah perkotaan karena pengendara memarkir kendaraan pribadi mereka di daerah pinggiran kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permintaan Park and Ride, menyusun skema penerapan Park and Ride, serta meninjau dampak penerapan skema Park and Ride terhadap volume lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Volume to Capacity Ratio (VCR), analisis statistik deskriptif, serta analisis tabulasi silang