digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rizki Basuki
PUBLIC Alice Diniarti

SayurBox merupakan salah satu perusahaan rintisan di Indonesia dalam bidang ecommerce produk pertanian. SayurBox mengirimkan pesanan customer yang dipesan melalui aplikasi/website ke lokasi customer. Dalam pengiriman dari distribution center ke customer, perusahaan menggunakan beberapa status driver yang memiliki skema biaya pengiriman dan daerah layanan pengiriman yang berbeda-beda. Penugasan pesanan yang perlu diantar oleh driver ke customer dilakukan oleh operator logistik. Namun, proses penugasan dinilai memerlukan durasi yang lama dan rentan terhadap human error. Selain itu, penugasan driver belum mempertimbangkan jarak yang ditempuh driver sehingga perusahaan memiliki potensi untuk mengefisienkan biaya pengiriman. Alternatif solusi yang dipilih adalah menggunakan model dan algoritma yang relevan terhadap masalah. Masalah perusahaan dapat dikategorikan sebagai masalah Capacitated Vehicle Routing Problem. Model matematis acuan yang digunakan adalah model yang diajukan Widagdo (2014) yang lalu dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan masalah. Algoritma acuan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah algoritma genetika yang diajukan oleh Baker dan Ayechew (2003) dengan modifikasi. Data dummy digunakan dengan tingkat kompleksitas yang menyerupai data asli. Dengan dataset tidak lebih dari 7 customer, algoritma memiliki rata-rata perbedaan nilai fungsi objektif 1,15 % dibandingkan solusi optimal global. Pencarian solusi dengan dataset yang memiliki tingkat kompleksitas menyerupai dataset asli pada suatu hub menghasilkan rerata biaya total pengiriman Rp2.402.398, dengan menggunakan rerata driver 31,2 dan rerata durasi komputasi 9,145 menit. Algoritma dapat memberikan solusi dengan durasi yang dapat diterima serta tidak melanggar constraint permasalahan.