digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

COVER Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Oktian Arijito
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Indonesia mendapatkan bonus demografi berupa jumlah populasi yang mencapai 260 juta jiwa dan sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Hijab merupakan salah satu hal yang sudah melekat di kehidupan wanita muslim di Indonesia, 47% wanita muslim Indonesia menggunakan hijab (14% secara permanen dan 33% hanya dalam kegiatan tertentu). Fakta tersebut mengantarkan peluang besar di berbagai jenis bisnis termasuk kecantikan, khususnya perawatan rambut. Matrix sebagai bagian dari L’Oreal melihat peluang bahwa wanita berhijab membutuhkan perawatan rambut yang khusus dan menyadari bahwa selama ini belum ada perawatan rambut professional di salon yang khusus kepada wanita berhijab. Berdasarkan kondisi tersebut Matrix meluncurkan layanan baru di salon yang disebut “Cool Therapy +++” Di tahun awal diluncurkannya layanan baru ini, penetrasi pasarnya tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan analisis baik eksternal maupun internal untuk mengetahui akar permasalahnya sehingga bisa meningkatkan penetrasi pasar. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis PESTLE, Five Porter analisis, anlisis STP (Segmentasi, Target, dan Positioning) dan analisis marketing mix. Untuk mendukung analisis tersebut, penulis melakukan riset data primer dan sekunder dengan metoda pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari analisis internal dan external, penulis merumuskan usulan bauran strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dari layanan Cool Therapy +++. Usulan tersebut mencakup model bauran pemasaran terpadu, komunikasi marketing dan pemanfaatan digital untuk mencapai jangkauan pelanggan yang lebih besar lagi.