digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ariesca
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ariesca
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ariesca
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ariesca
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ariesca
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ariesca
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Penurunan pertumbuhan pendapatan yang dialami Telkom pada 2018, menghasilkan komitmen Telkom untuk meningkatkan pertumbuhan revenue perusahaan hingga 40% dari tahun ke tahun. Sebagai salah satu unit fungsional di Telkom, Unit Fungsional Finance berkomitmen untuk tujuan ini. Salah satu tindakan yang diambil adalah dengan memaksimalkan kegiatan mereka untuk mengoptimalkan pendayagunaan aset perusahaan yang ditugaskan pada Asset Management Center. Dengan lebih dari 3000 tanah dan bangunan sebagai aset tetap, ada banyak aset tetap yang belum digunakan secara optimal atau menganggur, sementara aset tersebut dapat memberikan nilai ekonomi maksimum jika dimanfaatkan dengan baik. Penting bagi Asset Management Center untuk mengetahui peluang yang mereka miliki, untuk membuat strategi yang paling tepat, untuk mengoptimalkan pendayagunaan properti sebagai salah satu aset perusahaan dan mencapai tujuan Telkom. Oleh karena itu, perumusan usulan strategi Asset Management Center untuk mendayagunakan aset tetapnya dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif, menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui observasi, mewawancarai tiga responden, menyebarkan kuesioner kepada 50 responden, serta mengumpulkan data sekunder lainnya melalui laporan tahunan perusahaan, halaman web, dan lain-lain. Data ini dianalisis menggunakan McKinsey 7S dan VRIO sebagai alat analisis lingkungan internal, PESTEL dan Porter’s Five Forces sebagai alat analisis lingkungan eksternal, Strategic Factor Analysis Summary (SFAS) Matrix untuk mengumpulkan semua analisis lingkungan, untuk selanjutnya data tersebut digambarkan dalam IE Matrix dan digunakan untuk perumusan strategi yang diusulkan menggunakan Triangulasi Data, Market Segmentation, Targeting, and Positioning (STP), dan juga Diamond Strategy. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah usulan strategi untuk Asset Management Center untuk melakukan kerjasama dengan entitas Telkom Group, dalam menciptakan co-working space yang dilengkapi dengan teknologi digital IoT, berdasarkan kapabilitas yang dimiliki entitas Telkom Group dalam menyediakan layanan digital teknologi, dalam rangka mengimplementasikan program synergi grup dan meningkatkan pertumbuhan pendapatan sebagai tujuan Telkom.