ABSTRAK Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 1 Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 2 Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 3 Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 5 Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 4 Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
DAFTAR Justin Stewart Leonardo
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
2020 TA PP JUSTIN STEWART LEONARDO_LAMPIRAN.pdf)u
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
2020 TA PP JUSTIN STEWART LEONARDO_JURNAL.pdf?
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Kota Bandung memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah
satunya adalah Skywalk Cihampelas. Keberadaan Skywalk Cihampelas yang ramah
bagi pejalan kaki dan dikemas dalam bentuk objek wisata merupakan keunikan
tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota
Bandung. Namun disamping keunggulannya, Skywalk Cihampelas tidak terlepas dari
sejumlah permasalahan mengenai kualitas pelayanan suatu objek wisata secara
langsung. Dampak dari kualitas pelayanan yang buruk akan berpengaruh terhadap
kunjungan wisatawan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi sejauh mana kualitas pelayanan objek wisata dapat memengaruhi
kepuasan para pengunjung Skywalk Cihampelas, Bandung. Adapun dimensi kualitas
pelayanan yang diduga mempengaruhi kepuasan pengunjung dikelompokkan menjadi
lima, yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Pengumpulan data
dilakukan secara primer menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak
97 orang dan secara sekunder melalui studi literatur. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi
kualitas pelayanan dengan skor tertinggi dimiliki oleh variabel emphaty yaitu sebesar
3,65/5,00, sementara dimensi kualitas pelayanan dengan skor terendah dimiliki oleh
variabel tangible yaitu sebesar 3,05/5,00. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan
yang terdapat saat ini, masuk ke dalam kategori baik dan memuaskan menurut para
pengunjung. Namun nilai koefisien determinasi yang didapat adalah sebesar 0,344.
Angka tersebut mengandung arti bahwa model kepuasan pengunjung hanya dapat
dijelaskan oleh variabel dimensi kualitas pelayanan sebesar 34,4%, sedangkan
sisanya sebesar 65,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dihipotesiskan atau
variabel lain yang tidak dimasukkan di dalam model persamaan ini. Dengan
demikian, pendekatan perencanaan strategis diperlukan bagi pengelolaan objek
wisata untuk mengevaluasi kualitas pelayanan yang masih relatif rendah untuk dapat
meningkatkan kepuasan pengunjung di kemudian hari.