digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tesis ini mengulas mengenai analisis reliabilitas fatik pada sambungan las dengan menggunakan pendekatan mekanika fraktur. Studi kasus dan analisis numerik dilakukan terhadap sambungan las antara flens dan pengaku lateral girder pada sebuah jembatan tipikal yang memiliki retak semi-eliptikal. Model propagasi panjang retak semi-eliptikal menggunakan prinsip-prinsip dalam teori mekanika fraktur (Paris Law), sedangkan analisis reliabilitas sambungan akan dilakukan dengan menggunakan bantuan Simulasi Monte Carlo. Hasil analisis numerik laju propagasi retak menunjukkan bahwa model propagasi panjang retak Paris Law cukup akurat jika dibandingkan dengan hasil eksperimen yang pernah dilakukan. Hasil analisis reliabilitas yang dilakukan dengan Simulasi Monte Carlo juga dibandingkan dengan analisis FORM (First Order Reliability Method) yang dilakukan oleh Mladen Lukic (Probabilistic Assesment of Welded Joint Versus Fatigue dan Fracture) dan didapatkan bahwa terdapat perbedaan waktu layan yang dibutuhkan untuk mencapai nilai ? (indeks reliabilitas) yang sama.