digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Venture V adalah sebuah startup rintisan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang bergerak di bidang kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan yang diinovasikan oleh Venture V merupakan sebuah fitur chatbot yang ditujukan untuk para pelaku usaha di Indonesia yang diharapkan dapat membantu proses mereka dalam melayani konsumen. Konsep ini dibuat untuk mendukung program negara Indonesia untuk mendorong pertumbuhan startup dan ekonomi digital dan mewujudkan Indonesia The Digital Energy of Asia. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Venture V dalam meningkatkan brand awareness mereka demi terciptanya penggunaan teknologi yang optimal untuk para pelaku bisnis di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis akan menilai kondisi Venture V saat ini dengan menganalisa factor internal terlebih dahulu dengan menggunakan metode STP dan Marketing Mix. Setelah diketahui kondisi internal bisnis saat ini, penulis akan membandingkan kondisi internal tersebut dengan kondisi external industry chatbot di Indonesia yaitu dengan menggunakan metode PEST Analysis, Porter’s Five Forces, Competitor Benchmark Analysis dan Customer Analysis. Pada customer analysis ini akan dilihat apa yang menurut para responden yang berpotensi menjadi pelanggan ingginkan dalam sebuah produk chatbot dan membandingkannya dengan kondisi Venture V saat ini dan di analysis dengan metode Importan-Performance Analysis dan Metode Regresi Linier Berganda untuk menentukan faktor apa saja yang berpengaruh pada keputusan pembelian seorang customer pada industry chatbot. Setelah dilakukan analisa internal dan eksternal, hasil dari analisa tersebut akan dirangkut dengan menggunakan metode SWOT Analysis di mana akan dicari segala kekuatan dan kelemahan internal pada Venture V dan diteliti pula peluang dan ancaman eksternalnya. Langkah selanjutnya adalah merencanakan Marketing Strategy untuk Venture V agar tercipta peningkatan brand awareness menggunakan metode TOWS Matrix. Rekomendasi marketing strategy yang diberikan bertujuan untuk meningkatan brand awareness dari Venture V dan pula untuk meningkatkan kesadaran terhadap fitur chatbot bagi para pelaku bisnis untuk memaksimalkan produktivitas dalam bisnis mereka.