Di Indonesia, trend konsumsi kopi di kalangan masyarakat di Indonesia berpotensi besar
meningkatkan jumlah konsumsi kopi di Indonesia. Pada tahun 2015 International Coffee
Organization merilis data pertumbuhan jumlah peminum kopi di Indonesia, yaitu sebesar 8%, lebih
besar daripada pertumbuhan dunia yang hanya mencapai 6%. Melihat data peningkatan konsumsi
kopi tersebut, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang memiliki
prospek yang baik ke depannya. Menurut asosiasi Waralaba Indonesia, tren industri makanan
berbentuk coffee shop ini sejalan dengan meningkatnya minat dan waralaba. Terdorong untuk
berpartisipasi dalam memajukan ekonomi Indonesia, Old Bens berusaha untuk memenuhi semua permintaan
akan franchise dari beberapa relasi maupun pelanggan dari Old Bens. Saat ini terdapat 5 tawaran akan
franchise di seluruh Indonesia.
Menerima tantangan dalam mengembangkan bisnis, Old Bens ingin memastikan bahwa strategy franchise
dan roastery kopi mampu membawa perusahaan untuk bertumbuh semakin besar dan juga mampu bersaing
di industri makanan saat ini. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan
mengimplementasikan business strategy yang tepat bagi Old Bens di industri FnB saat ini. Pendekatan yang
akan digunakan dalam penelitian ini berawal dengan melakukan analisis internal yang terdiri dari Business
Model Canvas dan Value Chain. Setelah melakukan analisis internal, penelitian akan dilanjutkan dengan
menganalisis masalah eksternal yaitu Porter 5 forces, PEST (Political, Economic, Sociocultural, Technology)
dan Competitor.
Setelah melakukan internal dan eksternal analisis, didapatkan hasil SWOT (Strengths, Weakness,
Opportunities, Threats) dan TOWS Matrix, yang dapat digunakan dengan Strategic Maps untuk menganalisis
strategy business yang dilakukan. Penyebab utama dari masalah yang dihadapi oleh Old Bens adalah
franchise strategy yang belum teruji dengan baik dan juga dibutuhkan divisi pendukung seperti roastery
division yang nantinya dapat menunjang supply biji kopi ke setiap franchise store yang ada.
Solusi dan perbaikan yang dapat diterapkan untuk menerapkan franchise strategy adalah dengan mengukur
seluruh benefit yang dihasilkan oleh franchise strategy dan juga system operasi yang terintegrasi dengan
seluruh cabang yang ada, serta membangun roastery strategy yang tepat untuk mampu mendukung seluruh
bahan baku biji kopi ke seluruh outlet franchise Old Bens.