KA Bandung Battery adalah perusahaan yang menjual produk energi terbarukan. Produk
energi terbarukan merupakan alternatif energi yang dapat menggantikan/ mengurangi
penggunaan energi listrik yang berasal dari PLTU batu bara. Proses pembakaran batu bara
membawa dampak negatif bagi lingkungan salah satunya yaitu pencemaran udara yang
menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim. Walaupun sudah didukung oleh pemerintah,
pemanfaatan produk energi terbarukan di Indonesia masih sedikit. Oleh karena itu, tujuan dari
penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan untuk dapat meningkatan minat masyarakat
dalam menggunakan produk energi terbarukan dan meningkatkan penjualan dari perusahaan.
Peneliti melakukan analisis internal terhadap kondisi perusahaan yang terdiri dari STP dan
Marketing Mix 4P. Selain itu peneliti melakukan analisis eksternal yang terdiri dari Porter 5
Forces dan PESTLE. Hasil dari analisis internal dan eksternal akan digunakan untuk menilai
kondisi perusahaan menggunakan IFE dan EFE Matrix. Hasil dari perhitungan IFE dan EFE
Matrix akan digunakan untuk pembuatan strategy yang dijelaskan melalui IE Matrix.
Peneliti menggunakan Customer Persona dan Value Proposition Canvas yang divalidasi
menggunakan Javelin Board untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi, yang akan
dijelaskan melalui Business Model Canvas. Untuk Strategi Pemasaran, peneliti menggunakan
Online Marketing dan Content Marketing.
Rekomendasi yang dapat diberikan peneliti untuk meningkatkan minat masyarakat dalam
menggunakan produk energi terbarukan yaitu mengusulkan inovasi bisnis yaitu menyediakan
jasa pemasangan produk, program rental dan program pembiayaan. Selain itu untuk
meningkatkan penjualan, perusahaan perlu melakukan penetrasi pasar dengan menerapkan
Online Marketing. Dalam melakukan Online Marketing perusahaan dapat menggunakan jasa
dari pembuat konten yang akan membantu perusahaan menyiapkan Content Marketing