digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020_TS_PP_NADA FASYA_1-Abstrak.pdf)u
PUBLIC Yose Ali Rahman

Pengalaman pelanggan sangat penting untuk pengembangan bisnis karena pengalaman pelanggan merupakan kunci strategi untuk semua perusahaan. Bisnis retail bidang fashion di luar negeri sudah banyak menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membuat pengalaman belanja yang baru agar dapat meningkatkan penjualan, citra merek, kepercayaan merek dan aspek lainnya. Sehingga peneliti ingin membuat aplikasi e-commerce berbasis teknologi AR dengan menyediakan fitur fitting virtual dan mix and match outfit agar pelanggan tertarik menggunakan aplikasi ini. Tujuan dari penilitan ini adalah ingin membuktikan bahwa teknologi AR berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan di Indonesia. Peneliti membuat prototipe aplikasi e-commerce terlebih dahulu kemudian survey dilakukan dengan melakukan wawancara kepada beberapa responden. Hasil interview akan dianalisa menggunakan analisis eksternal yang terdiri dari Porter’s Five Forces, PESTEL, dan Competitor Analysis dan analisis internal menggunakan Marketing Mix 7P. Hasil dari analisis eksternal dan internal, dapat menghasilkan SWOT Matrix dan TOWS Matrix. Peneliti menggunakan Business Model Generation yang terdiri dari Customer Persona, Value Proposition Canvas, Javelin Board untuk memvalidasi solusi bisnis dan Business Model Canvas. Hasil wawancara menyatakan bahwa sekitar 67% responden tertarik menggunakan fitur Virtual Fitting 3D dan 100% responden tertarik menggunakan fitur mix and match outfit. Sehingga teknologi AR berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan di Indonesia. Peneliti memberikan rencana implementasi berupa rencana kegiatan, durasi, sumber daya manusia dan rancangan anggaran biaya agar strategi marketing berjalan dengan optimal.