digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

EPLC (English Achievement Learning Centre) adalah lembaga kursus bahasa Inggris dengan sistem dan metode pembelajaran telah dipengaruhi dari beberapa lembaga kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur. EPLC sekarang berfokus pada Bandung dan bertujuan untuk memperluas tempat saat ini atau membuka cabang baru di Bandung atau ke kota lain di dekat Bandung, tetapi ada peluang yang hilang karena kelebihan kapasitas siswa. Perluasan tempat saat ini atau mencari tempat baru untuk menyebarkan cabang adalah pilihan yang layak untuk membahas masalah ini. Sebelum itu EPLC perlu mengukur tingkat keberhasilan pembukaan cabang baru dalam hal pandangan pemasaran menggunakan metode studi kelayakan. Penelitian ini berfokus pada menentukan preferensi yang mempengaruhi pelanggan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, menentukan calon EPLC untuk membuka cabang baru berdasarkan analisis kelayakan dan menciptakan strategi pemasaran untuk EPLC. Perumusan strategi pemasaran dalam penelitian ini dimulai dengan memindai lingkungan eksternal dan internal ELPC. Penulis juga melakukan analisis konsumen berdasarkan studi kelayakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam rencana EPLC membuka cabang baru. Langkah selanjutnya adalah menganalisis hubungan antara 7p bauran pemasaran dan niat beli menggunakan analisis regresi berganda. Hasilnya adalah tempat dan bukti fisik memiliki dampak signifikan pada pembelian pelanggan. Analisis SWOT berdasarkan analisis eksternal dan internal akan dianalisis menggunakan matriks TOWS untuk menentukan strategi alternatif untuk EPLC. Berdasarkan analisis matriks TOWS terhadap permintaan pelanggan, buat kontrak Kerja dan buat diskon promo. Strategi pasar baru EPLC kemudian diubah menjadi rencana implementasi. Rencana implementasi ini akan membantu EPLC untuk memecahkan masalah dan meningkatkan peluang dalam menarik lebih banyak konsumen. Pada akhirnya, rencana implementasi ini akan membantu EPLC untuk mencapai tujuannya menjadi institusi bahasa Inggris yang terkemuka dan tepercaya.