digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Dela Almira
PUBLIC Kartika

Penelitian ini dilatar belakangi oleh PT. XYZ yang telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidang inovasi dari tahun ke tahun. Namun dengan diterimanya penghargaan dari tahun ke tahun tersebut, bukan berarti PT. XYZ berhenti untuk berinovasi, melainkan harus bisa bertahan dalam persaingan regional maupun global. X corporate sebagai wahana yang strategis untuk memperkokoh kemampuan belajar individu serta organisasi yang merupakan titik pusat pengembangan strategi SDM. Salah satu langkah pengembangannya yaitu dengan cara mengembangkan aktivitas knowledge sharing, yang di dalamnya terdapat knowledge collecting dan knowledge donating sebagai bentuk interkasi antar karyawan di dalam perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form kepada seluruh karyawan yang berada di lingkungan PT. XYZ yang berjumlah 203 karyawan pada saat penelitian dilakukan. Dari kuesioner yang telah disebar, 175 kuesioner dikembalikan dan diperoleh 172 kuesioner yang valid, dan diuji melalui estimasi partial least square (PLS). hasil menunjukkan bahwa variabel knowledge donating memiliki nilai perngaruh yang lebih besar dibandingkan variabel knowledge collecting. Hal ini berarti untuk meningkatkan inovasi karyawan, perusahaan lebih memfokuskan pengembangan pada aspek knowledge collecting. Sebagai solusi bisnis, membangun kemauan karyawan untuk melakukan sharing, membangun kemauan untuk berbagi.