digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bisnis dan pemasaran PT. Suri Tani Pemuka untuk meningkatkan dan menstabilkan penjualan pakan ikan dan udang. Untuk memahami situasi perusahaan, kita perlu melakukan analisis internal dan eksternal perusahaan. Analisis eksternal dilakukan dengan menggunakan Analisis PESTLE dan Porter Five Forces. Sementara itu, analisis internal dilakukan dengan menggunakan metode bauran pemasaran. Hasil analisis menggunakan metode Analisis SWOT untuk merumuskan strategi bisnis dan pengembangan model bisnis sesuai dengan Business Model Canvas. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh PT. Suri Tani Pemuka, Lebih baik untuk Meningkatkan kualitas produksi, Mengoptimalkan lahan pertanian yang belum dimanfaatkan, Memanfaatkan teknologi dan informasi untuk mengurangi kutu dan penyakit kepala, Menjaga stabilitas produk dan Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. PT. Suri Tani Pemuka adalah anak perusahaan dari Japfa Group yang bergerak dalam industri dasar dan kimia dengan sub-sektor pakan ternak. Perusahaan ini bergerak di bidang budidaya udang, pembenihan udang, pembekuan udang, pakan udang dan pakan ikan. Persaingan di industri pakan ikan dan udang itu mudah. Karena itu, perusahaan perlu strategi untuk tumbuh.