digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Objek utama dari tesis master ini adalah untuk memahami lebih baik sedikit topik yang diteliti: pemerekan bisnis keluarga. Kehidupan manusia telah banyak berubah dengan kehadiran industri 4.0 bahkan dengan gaya hidup, ekonomi dan kehidupan kerja telah banyak terjadi perubahan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mencari nilai-nilai yang digunakan di dalam bisnis keluarga yaitu nilai-nilai keluarga yang digunakan dalam merek dan bagaimana pemerekan telah diterapkan di bisnis keluarga. Metode kualitatif dipilih untuk penelitian ini untuk melakukan analisis interpretatif dari subjek. Satu bisnis keluarga kecil dipilih sebagai subjek untuk wawancara. Perusahaan keluarga ini dikenal bisnis keluarga pedagang grosir lokal yang memiliki merek cukup terkenal dan dapat didefinisikan sebagai bisnis keluarga sejati dari kepemilikan mereka di area pasar local di Bandung. Sebelum wawancara, semua orang yang diwawancarai diberikan kuesioner yang dirumuskan berdasarkan bagian teori dari tesis. Tahap penelitian selanjutnya adalah menggunakan analisis internal dan eksternal yang kemudian membentuk S.W.O.T dan kemudian diproses menggunakan T.O.W.S matriks analisis menghasilkan strategi pemasaran dan strategi bisnis yang direkomendasikan untuk diterapkan oleh perusahaan sehingga dapat menjaga keberlanjutan bisnis keluarga. Hasil dari penelitian ini memberikan kami poin menarik dari pemerekan bisnis keluarga, nilai-nilai keluarga, strategi pemerekan dan strategi pemasaran. Kemudian rencana implementasi dibangun dan dibagi ke dalam rencana implementasi jangka pendek dan jangka panjang. Diharapkan bahwa rencana implementasi jangka pendek dapat dilakukan untuk 1 tahun ke depan dan untuk rencana implementasi jangka panjang dapat diselesaikan untuk 4 tahun ke depan. Ada juga pedoman dan saran yang diberikan dari interpretasi hasil untuk memenangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan bisnis mereka di industri 4.0. Hasilnya juga memberikan dasar yang baik untuk penelitian di masa depan dalam merintis pemerekan bisnis keluarga.