digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Big data dan cloud computing (software as a service) bagian dari industry 4.0, semakin besarnya potensi tersebut membuat semakin banyak bermunculan startup untuk membantu memecahkan permasalahan pada konsumen. Experiential marketing ini adalah satu dari beragam marketing strategy yang bertujuan untuk menggapai pelanggan untuk mengadopsi teknologi tidak hanya personal maupun perusahaan, dimana landasan dari kasus ini adalah Roketin Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif experiential mar terhadap kemudahan SMEs dalam mengadopsi teknologi, mengidentifikasi bentuk-bentuk belajar dalam proses Adopsi teknologi melalui experiential marketing dan memberikan rekomendasi bagi roketin strategi experiential marketing yang paling cocok untuk dilakukan guna meningkatkan penjualannya dan mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam bisnis modelnya. Metodologi dan desain penelitian ini menggunakan penelitian eksploratori karena bersifat kualitatif dimana data yang dikumpulkan, seperti diskusi informal, interview dan studi kasus. Data utama yang dimiliki berasal dari interview yang telah dilakukan dan data pendukung lainnya diperoleh dari publikasi pemerintah atau swasta, bulletin statistic, buku, jurnal dan infomasi yang dipublikasikan. Hasil dari penelitian bahwa respondent memerlukan free model atau percobaan gratis untuk mengadopsi teknologi, membantu konsumen untuk proses pembelajaran lebih cepat, mudah dan dimengerti dengan penawaran gratis dengan fitur lengkap dan waktu yang dibatasi dan terkahir adalah memberikan pandangan dari konsumen mengenai pengembangan produk, strategi marketing yang telah dilakukan dan masukan untuk bisnis model yang dibangun saat ini. Solusi yang ingin ditawarkan dan dilaksanakan untuk merubah perencanaan biaya langganan menjadi 2 buah perencanaan, yaitu gratis dan berbayar (sebanyak Rp. 500.000 ,- per bulan) dan Roketin menwarkan pengembangan produk baru dengan feature baru bila konsumen atau pengguna menginginkan payment integrator dan data juga pelacakan mengenai data kemampuan pembeli. Selain itu Roketin melakukan marketing dan operation strategi yang baru. Dengan pengajuan perencanaan mengenai perubahan inovasi model maka Roketin memiliki 5 langkah dalam melaksanakan perencanaan tersebut, antara lain: mengatur kembali tujuan dari bisnis model yang baru, mendorong akusisi konsumen, memberikan rincian tahapan pembayaran konsumen ketika ingin melakukan langganan melalui online, membuat layanan konsumen yang kuat dan perencanaan ke depan mengenai jalan keluar dari bisnis dalam jangka waktu 5 tahun mendatang.