digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Hamnah
PUBLIC Dewi Supryati

Sejak kemunculan banyak komunitas hijabers di Indonesia di tahun 2010, tren penggunaan hijab di kalangan masyarakat Indonesia mulai berkembang. Memasuki tahun 2016, perkembangan bisnis hijab di Indonesia mencapai angka 7%. Angka tersebut terus didorong oleh Pemerintah untuk mencapai angka 10% seiring dengan diproyeksikannya Indonesia untuk menjadi pusat mode busana hijab dunia pada tahun 2020 oleh Pemerintah. Syamaita, sebagai salah satu bisnis online yang memproduksi dan menjual produk hijab, melihat kondisi tersebut sebagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis sekaligus ancaman datangnya banyak pesaing baru. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi untuk bertahan dalam pasar hijab. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempertahankan pelanggan lama lewat penerapan program loyalitas pada bisnis Syamaita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi pelanggan Syamaita terhadap bentuk program loyalitas. Pengumpulan data dilakukan secara daring menggunakan sosial media kepada masing-masing target responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis judgemental sampling. Estimasi preferensi pelanggan dilakukan menggunakan metode choice-based conjoint (CBC). Metode estimasi yang digunakan adalah jenis Hierachical Bayes (HB) untuk mendapatkan nilai importance dan part-worth tiap individu. Adapun analisis klaster dilakukan menggunakan teknik hierarki aglomeratif. Usulan program loyalitas tiap kelompok disusun dari nilai part-worth individu anggota kelompok dan disimulasikan menggunakan choice simulator untuk mendapatkan estimasi pangsa pasar. Hasil simulasi digunakan sebagai dasar perancangan program loyalitas Syamaita. Rancangan program loyalitas yang dipilih berdasarkan pada efisiensi cakupan estimasi pangsa pasar, feasibilitas implementasi, serta preferensi pihak Syamaita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 152 responden, didapatkan 4 klaster pelanggan. Keempat klaster menyukai jenis reward yang dapat langsung ditukarkan. Klaster 1 mementingkan atribut voucher belanja dan menyukai reward dengan nilai yang tinggi. Klaster 2 mementingkan atribut hadiah dan menyukai reward dengan nilai yang tinggi. Klaster 3 mementingkan atribut hadiah dan menyukai reward dengan nilai tinggi maupun rendah. Terakhir, klaster 4 mementingkan atribut hadiah dan menyukai reward dengan nilai yang rendah. Rancangan program loyalitas yang dipilih merupakan kombinasi preferensi dari klaster 1, 3, dan 4. Rancangan program loyalitas yang direkomendasikan kepada Syamaita ialah dengan menggunakan sistem pengumpulan poin untuk ditukarkan dengan berbagai jenis reward, yaitu: diskon sebesar 25% atau 60%, voucher belanja senilai Rp25.000 atau Rp60.000, serta hadiah berupa produk Syamaita yang dapat langsung ditukarkan. Sebelum menjadi anggota, pelanggan harus memberikan beberapa data diri dan akan mendapatkan kartu keanggotaan elektronik. Pemberian informasi terkait program loyalitas akan dilakukan melalui akun publik media sosial Syamaita serta melalui jalur pribadi kepada masing-masing anggota program loyalitas.