digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP ANDI AMEERA SAYAKA CAKRAVASTIA.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I- Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Andi Ameera Sayaka Cakravastia
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Andi Ameera Sayaka.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Saat ini, e-Bike menjadi salah satu moda transportasi (commuting) yang sangat diminati di seluruh dunia dikarenakan manfaat e-Bike yang besar. Meningkatnya tren perkembangan e-Bike ini diiringi dengan peningkatan fitur-fitur pada e-Bike yang diinginkan oleh para penggunanya. Perusahaan dituntut untuk terus melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan serta keinginan para konsumen.PT Insera Sena sebagai perusahan manufaktur sepeda terbesar di Indonesia yang juga memproduksi e-Bike ingin menjadi market leader di pasar e-Bike Indonesia. Untuk itu PT Insera Sena terus melalukan pengembangan produk guna dapat meluncurkan produk baru yang dapat memenuhi keinginan serta permintaan para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan produk e-Bike dengan mengidentifikasi preferensi konsumen e-Bike di Indonesia melalui tahapan riset pasar. Tahapan riset pasar dilakukan dengan metodologi choice-based conjoint (CBC) untuk dapat mengetahui preferensi konsumen Indonesia terhadap atribut e-Bike, memprediksi pangsa pasar potensial e-Bike, serta mengetahui segmentasi konsumen e-Bike. Preferensi konsumen ini akan dijadikan dasar untuk analisis kemampuan keterbuatan dengan metode design for manufacturing hingga didapatkan desain konseptual rancangan produk e-Bike. Mayoritas dari konsumen e-Bike di Indonesia memiliki ketertarikan terhadap e-Bike dengan tipe city dengan pangsa pasar 46%, diikuti dengan mountain bike (32%), dan all urban bike (22,1%). Atribut tipe baterai sebagai atribut yang paling dipertimbangkan dalam pemilihan e-Bike dengan kepentingan (20,2%), harga pembelian (13,2%), keamanan (13%), kecepatan maksimum (11,3%), kapasitas baterai (10,9%), tipe charger (9%), komponen brand (8,1%), jenis sepeda (8%), dan posisi motor (6,4%). Terdapat dua segmen pengguna e-Bike, segmen pertama mementingkan e-Bike dengan harga murah dengan baterai tahan lama. Segmen kedua mementingkan kecepatan serta teknologi canggih yang digunakan dan rela untuk membayar e-Bike dengan harga yang lebih tinggi.