Edukasi lingkungan untuk membentuk perilaku ramah lingkungan menjadi sebuah urgensi yang harus dipenuhi pada saat ini mengingat kondisi kualitas lingkungan hidup yang terus menurun. Sebagai sarana edukasi, sekolah dapat berfungsi secara efektif dalam melaksanakan hal tersebut. Indonesia telah mengembangkan pelaksanaan edukasi lingkungan melalui program sekolah Adiwiyata. Penghargaan dan pembinaan diberikan bagi sekolah-sekolah yang menerapkan nilai-nilai ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konteks yang berperan dalam pengembangan edukasi lingkungan di sekolah Adiwiyata, serta menjelaskan hubungan kausalitas yang terjadi antara lingkungan sekolah Adiwiyata dan pembentukan pola pikir dan perilaku ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama merupakan penelitian kualitatif eksploratif, sedangkan tahap kedua merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori. Hasil penelitian ini akan mengungkap sejauh mana lingkungan sekolah Adiwiyata berperan sebagai 3D-Textbook dalam mengembangkan edukasi lingkungan. Selain itu, pengaruh lingkungan sekolah Adiwiyata dalam membentuk pola pikir dan perilaku ramah lingkungan siswanya juga akan dibahas pada studi ini. Pada tahap selanjutnya, hasil penelitian ini dapat berkontribusi sebagai masukan untuk pengembangan arsitektur sekolah ramah lingkungan yang sesuai dengan konteks Indonesia.