digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Warung Pintar Sekali adalah perusahaan yang bergerak di bidang retail dan menawarkan warung tradisional berbasis teknologi kepada pelanggannya, mitra Warung Pintar. Pada saat ini, PT Warung Pintar Sekali memiliki 3 saluran pemesanan barang, yaitu Whatsapp, Workplace, dan aplikasi Juragan Warung Pintar. Juragan Warung Pintar adalah aplikasi telepon genggam yang digunakan untuk melakukan pemesanan stok warung dan pengelolaan warung. Pada tahun 2019, perusahaan akan menggunakan aplikasi Juragan Warung Pintar sebagai saluran utama untuk pembelian stok persediaan warung dan menutup saluran Whatsapp & Workplace. Namun, usaha ini tidak mendapat respons positif dari mitra Warung Pintar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah mitra Warung Pintar yang pernah melakukan pemesanan melalui aplikasi Juragan Warung Pintar dan total pesanan yang masuk melalui aplikasi. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui usulan rancangan aplikasi Juragan Warung Pintar seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan mitra Warung Pintar. Penelitian mengacu pada siklus hidup jasa dengan menggunakan metodologi yang mengintegrasikan Quality Function Deployment dan Model Kano. Penelitian ini terdiri tahap penciptaan ide, penentuan kebutuhan pelanggan dan bisnis, pengembangan konsep, dan pengembangan desain awal. Penentuan rumusan masalah yang ingin diselesaikan beserta batasan penelitian ditentukan pada tahap penciptaan ide dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak perusahaan. Pada tahap penentuan kebutuhan pelanggan dan bisnis, ditentukan apa saja indikator kualitas yang akan dijadikan acuan dalam mengembangkan usulan konsep aplikasi Juragan Warung Pintar. Setelah melakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada mitra Warung Pintar, terdapat 19 kebutuhan pelanggan yang dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan terhadap aplikasi Juragan Warung Pintar. Adapun, pengembangan dan pemilihan konsep produk dilakukan pada tahap pengembangan konsep dengan menyeleksi dan menilai alternatif konsep. Pada tahap akhir, dilakukan proses visualisasi dari usulan rancangan konseptual aplikasi Juragan Warung Pintar secara detail. Rancangan yang dihasilkan adalah usulan pada proses transaksi warung, pemesanan barang, penyajian kinerja warung, penyajian keuangan warung, penggantian data warung, penyelesaian eror pada aplikasi, penyajian informasi produk yang sedang laku di pasar, penyajian informasi terkait perusahaan, pengiriman barang, penukaran barang, serta pemrosesan kritik dan saran pada aplikasi Juragan Warung Pintar.