COVER Diki Hartanto
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 1 Diki Hartanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Diki Hartanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Diki Hartanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Diki Hartanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Diki Hartanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Diki Hartanto
PUBLIC Alice Diniarti
Delaminasi merupakan fenomena kegagalan yang sering terjadi pada
struktur sandwich Inner Duct Wall Thrust Reverser Engine CFM56-3. Tipe mesin
ini digunakan pada pesawat Boeing 737 Classic Series (-300, -400, -500).
Menurut Boeing dalam Service Bulletin No: 737-78-1064, delaminasi disebabkan
karena korosi pada honeycomb-core. Faktanya adalah tidak ada tanda-tanda visual
adanya korosi pada honeycomb-core, pada saat Inner Duct Wall (IDW)
mengalami delaminasi.
Tujuan penelitian ini adalah mencari penyebab utama delaminasi dan
khususnya kemungkinan adanya korosi pada honeycomb-core. Metoda penelitian
yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data-data IDW, melakukan evaluasi
data untuk menyusun hipotesis-hipotesis penyebab delaminasi. Kemudian,
hipotesis-hipotesis tersebut diuji dengan analisis yang dilakukan dengan pengujian
sampel IDW di laboratorium, serta perhitungan analitis. Penelitian ini mengambil
studi kasus delaminasi IDW pada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia
(GMF AeroAsia).
Kesimpulan yang diperoleh yaitu bahwa penyebab utama delaminasi
struktur sandwich IDW akibat panas dari mesin. Panas ini mengakibatkan
kegagalan bonding pada adhesive dan terjadinya modus kegagalan buckling pada
back skin. Hasil penelitian dilaboratorium menunjukkan adanya initial corrosion
pada dinding honeycomb-core. Kerusakan akibat korosi dalam jangka panjang
juga menyebabkan kegagalan bonding pada adhesive sehingga dapat
mengakibatkan delaminasi. Oleh karena itu, pernyataan Boeing tentang korosi
pada honeycomb-core sebagai penyebab utama delaminasi ada benarnya, tetapi
kurang tepat sasaran.