digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TS PP M. IRFAN ADIANTO 1.pdf?
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Kampanye iklan Koboi Marlboro berhasil mendongkrak penjualan rokok perusahaan Phillip Morris di tahun 1960an. Selama 40 tahun kampanye ini meresap ke kesadaran publik Amerika dan menjadi simbol kekuatan industri rokok. Namun citra tersebut ditantang oleh cerita pilu mengenai para pemain peran Koboi Marlboro asli yang meninggal akibat rokok. Phillip Morris berusaha dengan keras untuk menutup-nutupi cerita ini dari publik, namun akhirnya terkuak ke publik setelah tiga dekade; dan selamanya akan menjadi bagian dari sejarah Koboi Marlboro. Kontras antara kedua fasad kampanye ini yang mendorong seniman untuk mengkritik kontradiksi tersebut menggunakan karya seni, mengingat Koboi Marlboro adalah simbol yang sangat tenar di generasi 70-80an namun publik sama sekali tidak tahu akan nasib dari koboi asli dibalik kampanye tersebut. Penulis akan mendekonstruksi kampanye tersebut dari segi semiotika, kultural, historis, dan artistik, untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap. Esensi dari pembahasan itu yang akan digunakan penulis untuk mengarahkan kekaryaannya.