digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sektor industri kerajinan memberikan kontribusi terbesar ketiga di Indonesia sebanyak 15,70% dari total PDB Ekonomi Kreatif sebesar 922,59 triliun rupiah. Ini membuka peluang besar untuk banyak pembisnis baru dalam bisnis kerajinan sekaligus persaingan bisa lebih kompetitif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk bersaing dengan bisnis serupa yaitu menggunakan strategi content marketing di era digital saat ini. Dalam melakukan bisnis, pemasaran merupakan media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan paling baik kepada konsumen. Maka dari itu, pemasaran berarti harus memahami kepribadian pelanggan dan perjalanan pembeliaannya untuk dapat membuat pemasaran yang sesuai dengan persona tiap pelanggan yang berbeda-beda. Seiring dengan tergantikannya pemasaran tradisional oleh pemasaran digital, strategi pemasaran yang digunakan haruslah efektif yaitu salah satunya dengan pemasaran konten dan konten digital. Berdasarkan penjelasan sebelum tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan variabel yang secara signifikan mempengaruhi pemasaran di merek notebook dan untuk menentukan strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan dan membangun kesadaran merek terhadap Mada Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi tujuan penelitian. Penelitian ini didukung oleh wawancara mendalam karena membuat peneliti lebih fleksibel untuk menyelidiki responden dalam menjawab pertanyaan. Metode untuk menganalisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan coding untuk menganalisis hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran digital digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek pelanggan, dan pemasaran tradisional untuk meningkatkan penjualan khususnya untuk produk notebook.