digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TA PP ZAHRA FIRDAUSI SHALAHUDDIN 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Penyu laut termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah. Di Indonesia, yang notabene merupakan negara maritim dan rumah bagi 6 jenis penyu, terus terjadi penurunan jumlah penyu secara drastis dari tahun ke tahun. Ancaman terbesar bagi penyu adalah perilaku manusia. Penyu diburu dan diperdagangkan secara ilegal. Selain itu pembangunan di daerah pesisir juga membuat penyu kehilangan habitatnya. Sampah-sampah yang dibuang manusia ke laut juga berkontribusi mengancam satwa ini. Oleh karena itu, perlu ada solusi nyata untuk permasalahan ini. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membantu mengenalkan pada masyarakat khususnya anak-anak akan pentingnya melindungi penyu dalam bentuk perancangan buku Augmented Reality. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi Augmented Reality digunakan dalam perancangan ini karena sesuai dengan minat anak. Augmented reality membuat materi pembelajaran pada buku tersampaikan dengan lebih dinamis dan tidak menjemukan. Buku cerita AR tersebut mengisahkan kehidupan penyu yang terancam. Buku ini dirancang dengan pendekatan akrab dan menyenangkan. Menyenangkan berarti berarti narasi yang dikisahkan bersifat ceria dan penuh petualangan. Didukung juga dengan warna-warna yang cerah dan tokoh-tokoh yang ceria. Hal ini menyesuaikan sifat dari target sasaran yaitu 7-12 tahun yang merupakan masa usia yang penuh keceriaan dan persahabatan.