ABSTRAK Miftahul Ichsan
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Media sosial telah menjadi faktor perubahan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Dari berinteraksi dengan orang tersebut, hingga merek yang kami ikuti. Media
sosial telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Banyak
bisnis memiliki media sosial saat ini. Karena itu memiliki keterlibatan pelanggan
di media sosial adalah hal penting bagi bisnis untuk menjadi sukses di media
sosial mereka. Tujuan akhir dari keterlibatan pelanggan adalah mempertahankan
pelanggan, untuk menjadi loyal. Peneliti dengan demikian berusaha mencari tahu
dari penelitian sebelumnya apa yang mempengaruhi keterlibatan pelanggan di
media sosial, terutama di Instagram. Berdasarkan ulasan literatur dan penelitian
sebelumnya, ditemukan bahwa parameter yang paling umum digunakan untuk
meningkatkan keterlibatan pelanggan di Instagram adalah ketersediaan,
operasionalisasi saluran, kemampuan mendengarkan pelanggan, bantuan pribadi,
dan kualitas konten. Penelitian ini dilakukan pada target pasar untuk Desain
Bunga Ghala untuk membantu mereka mengetahui apa yang benar-benar
mendorong persepsi pelanggan mereka untuk terlibat dengan Instagram.
Penelitian dilakukan melalui kuesioner dengan 200 responden dan dianalisis
menggunakan regresi berganda dan analisis deskriptif, kemudian divalidasi
melalui literatur sebelumnya dan ulasan penelitian. Hasilnya adalah bahwa
kualitas konten adalah faktor yang paling berpengaruh, diikuti oleh
operasionalisasi saluran, kemudian ketersediaan, mendengarkan pelanggan, dan
asisten pribadi yang paling sedikit. Selain itu, kualitas konten yang tinggi adalah
hal yang paling diinginkan bagi pelanggan untuk terlibat. Hasil penelitian ini
dapat diperlakukan sebagai pedoman dan rekomendasi untuk Ghala Floral
Design untuk meningkatkan keterlibatan customer mereka melalui Instagram.