digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Miftahul Ichsan
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM

Media sosial telah menjadi faktor perubahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari berinteraksi dengan orang tersebut, hingga merek yang kami ikuti. Media sosial telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Banyak bisnis memiliki media sosial saat ini. Karena itu memiliki keterlibatan pelanggan di media sosial adalah hal penting bagi bisnis untuk menjadi sukses di media sosial mereka. Tujuan akhir dari keterlibatan pelanggan adalah mempertahankan pelanggan, untuk menjadi loyal. Peneliti dengan demikian berusaha mencari tahu dari penelitian sebelumnya apa yang mempengaruhi keterlibatan pelanggan di media sosial, terutama di Instagram. Berdasarkan ulasan literatur dan penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa parameter yang paling umum digunakan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan di Instagram adalah ketersediaan, operasionalisasi saluran, kemampuan mendengarkan pelanggan, bantuan pribadi, dan kualitas konten. Penelitian ini dilakukan pada target pasar untuk Desain Bunga Ghala untuk membantu mereka mengetahui apa yang benar-benar mendorong persepsi pelanggan mereka untuk terlibat dengan Instagram. Penelitian dilakukan melalui kuesioner dengan 200 responden dan dianalisis menggunakan regresi berganda dan analisis deskriptif, kemudian divalidasi melalui literatur sebelumnya dan ulasan penelitian. Hasilnya adalah bahwa kualitas konten adalah faktor yang paling berpengaruh, diikuti oleh operasionalisasi saluran, kemudian ketersediaan, mendengarkan pelanggan, dan asisten pribadi yang paling sedikit. Selain itu, kualitas konten yang tinggi adalah hal yang paling diinginkan bagi pelanggan untuk terlibat. Hasil penelitian ini dapat diperlakukan sebagai pedoman dan rekomendasi untuk Ghala Floral Design untuk meningkatkan keterlibatan customer mereka melalui Instagram.