digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TA_PP_DIEGO_MAHARESTU_1.pdf
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Kota Bandung sebagai kota kreatif, memiliki lebih dari 1000 industri kreatif yang bersumber dari berbagai sub-sektor. Pusat Industri Kreatif Kota Bandung didirikan dengan tujuan sebagai sarana untuk mendukung industri kreatif kota Bandung. Perancangan dimulai dengan melakukan studi literatur, wawancara, dan observasi. Kemudian data yang didapat dianalisa dan diambil kesimpulan solusi untuk menjawab kebutuhan permasalahan. Didapatkan bahwa fasilitas utama yang diperlukan adalah pusat informasi, collaborative workspace, co-working space, rental office, maker space, collective store, gallery space, dan studio. Dilanjutkan dengan penyusunan identifikasi program proyek berupa deskripsi proyek, tujuan pendirian, karakter pengguna, struktur organisasi, permasalahan site, program aktifitas, program kebutuhan ruang, dan hubungan antar ruang. Konsep desain yang dipakai pada perancangan interior adalah Wadah Kolaborasi. Konsep desain diuraikan menjadi organisasi ruang, bentuk, warna, material, furnitur, tata cahaya, akustik, penghawaan, keamanan, serta stimulus kreatifitas dan kolaborasi. Proses terakhir yang dilakukan adalah studi eksplorasi dan merancang interior dari Pusat Industri Kreatif Kota Bandung. Diharapkan dari hasil perancangan ini dapat meningkatkan kualitas dan mendukung industri kreatif, khususnya kota Bandung. Selain itu diharapkan masyarakat dapat jauh lebih mengetahui mengenai industri kreatif kota Bandung dan memiliki minat untuk memulai usaha rintisan di bidang industri kreatif.