digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kawasan komersial merupakan salah satu kawasan penting sebuah kota. Pada kawasan tersebut terjadi kegiatan perdagangan yang menghidupkan kota, baik siang maupun malam hari. Kota Malang memiliki kawasan Pasar Besar sebagai kawasan komersial utama kota. Kawasan ini terdiri dari bangunan utama pasar dan dikelilingi oleh rumah toko dengan berbagai ragam aktivitas perdagangan. Selain itu, kawasan Pasar Besar Malang juga terkenal sebagai kawasan Pecinan Kota Malang. Namun, kondisi kawasan komersial tersebut saat ini kehilangan karakter kawasan pada koridor-koridor utamanya dan mengalami penurunan kondisi kawasan yang menyebabkan menurunnya ketertarikan masyarakat untuk mengunjungi kawasan komersial tersebut. Maka dari itu, diperlukan simulasi perancangan terhadap kawasan komersial Pasar Besar Malang yang memiliki karakter kawasan dan aktivitas yang mendukung kawasan komersial. Pendekatan yang digunaka dalam melakukan perancangan pada tesis ini merupakan pendekatan placemaking dengan karakter pecinan. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah merancang koridor komersial kawasan Pasar Besar Malang sebagai ruang atau tempat yang hidup dengan elemen pembentuk karakter kawasan Pecinan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat preskriptif, sehingga didapatkan potensi dan persoalan yang sesuai dengan keadaan atau fakta lapangan yang ada. Berdasarkan variabel perancangan, tiap koridor memiliki potensi dan persoalan yang berbeda, maka perancangan yang dilakukan pada tiap koridorpun berbeda. Penulisan tesis ini akan memberikan hasil rancangan koridor komersial utama Pasar Besar Malang sebagai ruang kota yang hidup dan atraktif yang berlandaskan karakter pecinan dengan dengan terciptanya karakter, aktivitas, dan fasilitas baru pada kawasan. Koridor komersial Pasar Besar Malang akan berkembang sebagai kawasan yang berpotensi sebagai kawasan wisata kota.