Di Indonesia, persaingan di industri fashion terus berkembang pesat dan menjadi semakin ketat. Banyaknya pemain pada industri ini, menyebabkan banyaknya pemain yang menawarkan nilai dan produk yang serupa. Jika pemain di industry fashion tidak memiliki keunggulan yang membedakan dengan pemain lainnya, maka akan sulit untuk bertahan di industri ini.
Adelaide merupakan bentuk kreativitas di bidang industri fashion yang menawarkan produk-produk pakaian semi-formal untuk wanita yang di dirikan pada September 2016. Seiring dengan perkembangan busana dan teknologi, Adelaide memiliki rencana memperluas aktivitas bisis ke pasar Indonesia untuk memperoleh pasar yang lebih luas dan menaikan penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Adelaide memerlukan Strategi Bisinis dan Branding yang dapat menguatkan merk Adelaide agar membedakan Adelaide dari pesaing di industry fashion.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari solusi bisnis terbaik pada Adelaide dan mengembangkan strategu terbaik yang dapat diimplementasikan dalam aktivitas bisnis Adelaide.
Proses perumusan strategi dilakukan dengan menganalisis masalah eksternal perusahaan dan maslah marketing yang mempengaruhi aktivitas bisnis Adelaide. Setelah itu hasilnya akan digunakan di analisis untuk memudahkan pemilihan strategi. Adelaide menggunakan strategi generic Porter sebagai kerangka kerja untuk menguraikan pilihan strategi. Hasil dari analisis tersebut menentukan diferensiasi taktik untuk mencapai keunggulan kompetitif. Untuk strategi peguatan merk Adelaide, survei online dibagikan kepada pelanggan Adelaide sekarang dan hasil survei tersebut dianalisis untuk menemukan strategi terbaik dalam menguatkan merk Adelaide. Model bisnis kanvas dikembangkan untuk melaksanakan strategi Adelaide.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Adelaide harus menciptakan inovasi dan keunikan melailui strategi diferensiasi berdasarkan produk, harga, tempat dan kegiatan promosi serta menguatkan merk Adelaide dengan cara melakukan pengembangan produk dan menggiatkan kembali merk Adelaide agar dapat terus besaing di industri fashion Indonesia dan meningkatkan penjualan.