digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Aditya Satrio Prabowo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Aditya Satrio Prabowo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Aditya Satrio Prabowo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Aditya Satrio Prabowo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Aditya Satrio Prabowo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Aditya Satrio Prabowo
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Kredit Cepat sebuah perusahaan pembiayaan yang baru-baru ini memasuki pasar Indonesia pada tahun 2013. Kredit Cepat menyediakan pembiayaan untuk elektronik konsumen dan pinjaman uang tunai. Dalam periode lima tahun Kredit Cepat telah berhasil menjadi pemimpin dalam pembiayaan barang elektronik di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 55%. Kredit Cepat berhasil menjadi pemimpin pasar melalui proses aplikasinya yang cepat, cakupan jaringan yang luas dan tenaga penjualan yang selalu siap melayani. Target pelanggan Kredit Cepat berasal dari segmen menengah ke bawah yang tidak memiliki akses atau pengalaman dengan jasa layanan keuangan. Karena Kredit Cepat telah mencapai tahap dewasa di segmen barang elektronik, mereka perlu mengubah diri atau berinvestasi di pasar berkembang yang baru. Masalah juga muncul untuk pendanaan karena bank lebih memilih untuk membiayai pinjaman dengan jaminan daripada pinjaman tanpa jaminan. Untuk menjawab masalah ini, pasar kendaraan roda dua sedang dinilai dari daya tariknya untuk Kredit Cepat untuk dimasuki dan strategi apa yang akan digunakan untuk Kredit Cepat untuk memasuki pasar teresebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan strategi bisnis untuk memasuki pasar kendaraan roda dua di Indonesia dan menciptakan unique value proposition bagi pelanggan. Pasar kendaraan roda dua di Indonesia dianalisa daya tarik dan potensinya melalui analisis PEST dan Porter five forces. Sedangkan analisis internal perusahaan dilakukan melalui analisis value chain dan analisis resource based view. Kombinasi dari analisa eksternal dan internal diterjemahkan ke dalam alat analisis SWOT untuk menilai kekuatan dan kelemahan internal Kredit Cepat yang dikombinasikan dengan peluang dan ancaman eksternal. Data primer dari penelitian ini akan dilakukan melalui survei dengan pelanggan yang memiliki pengalaman dengan pembiayaan kendaraan roda dua dan wawancara kualitatif dari karyawan intenal Kredit Cepat. Data sekunder juga akan digunakan untuk mendukung penemuan dan merumuskan strategi bisnis untuk Kredit Cepat agar memiliki keunggulan kompetitif terhadap pesaing saat ini. Formulasi strategi bisnis dibuat menggunakan diamond strategy dan business model canvas untuk merumuskan unique value proposition untuk perusahaan Kredi Cepat. Setelah mengumpulkan informasi dari analisis internal dan eksternal digabungkan dengan survei, nilai keunggulan dirumuskan. Agar Kredit Cepat dapat memasuki pasar kendaraan roda dua, strategi yang perlu digunakan adalah differentiation leadership sebagai yang tercepat dalam proses kredit melalui pembiayaan merk non-captive dan dealer independen. Unique selling proposition yang ditawarkan Kredit Cepat adalah memberikan aplikasi kredit cepat, mobile apps untuk seluruh proses pembiayaan, layanan pelanggan yang dapat diandalkan dan mudah diakses, transparansi produk keuangan dan fleksibilitas dan akses ke program loyalitas Kredit Cepat.