Salah satu sektor yang terkena dampak Sharing Economy sudah pasti adalah akomodasi. Sharing
Economy platform mendorong pelaku bisnis akomodasi untuk menerima pertemuan dengan orang
asing, oleh karena itu kepercayaan sangat penting untuk keberhasilan sharing economy untuk
mengatasi ketidakpastian dan mengurangi risiko dalam proses bisnis yang terjadi. Dalam
membuat keputusan, berfokus pada platform online, orang lebih suka membentuk penilaian
menggunakan isyarat yang tersedia dan dipengaruhi oleh keputusan orang lain yang dapat
trgambarkan melalui platfor, online tersebut. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi faktorfaktor
yang mempengaruhi persepsi manfaat ulasan konsumen online yang dapat mengarah pada
persepsi kepercayaan dengan menyelidiki dua aspek informasi online: Faktor-faktor Messenger
dari penyedia ulasan, seperti reputasi pribadi dan deskripsi produk serta karakteristik Pesan
termasuk kuantitatif (bintang). peringkat dan jumlah ulasan) dan kualitatif (keterbacaan ulasan).
Analisis konten manual digunakan dalam penelitian ini sebagai pendekatan penelitian untuk
menganalisis data dari ulasan konsumen online, analisis ganda terhadap ulasan online super host
yang berlokasi di Bandung mengidentifikasi aspek kuantitatif dan kualitatif dari data teks. Ulasan
konsumen online ini dapat dikategorikan sebagai evaluasi kualitatif (deskripsi tertulis) dan
evaluasi kuantitatif (penilaian).
Perpustakaan Digital ITB