digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu sektor yang terkena dampak Sharing Economy sudah pasti adalah akomodasi. Sharing Economy platform mendorong pelaku bisnis akomodasi untuk menerima pertemuan dengan orang asing, oleh karena itu kepercayaan sangat penting untuk keberhasilan sharing economy untuk mengatasi ketidakpastian dan mengurangi risiko dalam proses bisnis yang terjadi. Dalam membuat keputusan, berfokus pada platform online, orang lebih suka membentuk penilaian menggunakan isyarat yang tersedia dan dipengaruhi oleh keputusan orang lain yang dapat trgambarkan melalui platfor, online tersebut. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi persepsi manfaat ulasan konsumen online yang dapat mengarah pada persepsi kepercayaan dengan menyelidiki dua aspek informasi online: Faktor-faktor Messenger dari penyedia ulasan, seperti reputasi pribadi dan deskripsi produk serta karakteristik Pesan termasuk kuantitatif (bintang). peringkat dan jumlah ulasan) dan kualitatif (keterbacaan ulasan). Analisis konten manual digunakan dalam penelitian ini sebagai pendekatan penelitian untuk menganalisis data dari ulasan konsumen online, analisis ganda terhadap ulasan online super host yang berlokasi di Bandung mengidentifikasi aspek kuantitatif dan kualitatif dari data teks. Ulasan konsumen online ini dapat dikategorikan sebagai evaluasi kualitatif (deskripsi tertulis) dan evaluasi kuantitatif (penilaian).