digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TS_PP_Busyairi_Alfan_Ramadhan_1-ABSTRAK.pdf
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 2 Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 3 Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 3 Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 4 Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

PUSTAKA Busyairi Alfan Ramadhan
PUBLIC Irwan Sofiyan

kuliner. Dengan gaya hidup orang Indonesia yang hobi berwisata sambil menikmati kuliner di wilayah tersebut. Sanding Resto adalah sebuah restoran keluarga yang menawarkan variasi menu makanan mulai dari makanan Indonesia, makanan barat, dan makanan Jepang yang bertempat di Garut, Jawa Barat yang berdiri sejak 2016. Namun total penjualan pada tahun pertama dan kedua Sanding Resto belum dapat mencapai target penjualan yang telah ditentukan oleh pemiliknya. Penjualan pada tahun ketiga juga diperkirakan belum mampu mencapai target yang telah ditentukan. Maka dari itu riset ini dilakukan untuk dapat mencari penyebab yang dihadapi yang menyebabkan Sanding Resto gagal mencapai target penjualan tersebut. Riset ini menggunakan metode campuran, dimana dilaksanakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data primer yang berasal dari interview dengan manager, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data primer tentang analisis konsumen dan proses keputusan pembelian konsumen melalui kuisioner. Penulis juga menggunakan data sekunder yang didapatkan dari beberapa sumber seperti BPS, situs web, artikel, dan lainnya untuk mendukung riset ini. Setelah data terkumpul, penulis melaksanakan beberapa analisis seperti analisis internal, analisis eksternal dan analisis konsumen. Analisis internal digunakan untuk mendapat informasi tentang kondisi internal Sanding Resto, sedangkan analisis eksternal digunakan untuk mendapat informasi tentang kondisi dan lingkungan bisnis restoran di sekitar perusahaan. Analisis konsumen dilaksanakan untuk mengevaluasi perusahaan dari perspektif konsumen dengan dasar prinsip bauran pemasaran 4P dan untuk mencari kebiasaan potensial konsumen dengan basis proses keputusan pembelian konsumen. Berdasar dari hasil analisis, akar penyebab dari Sanding Resto adalah di aspek promosi, jadi penulis merekomendasikan sebuah strategi pemasaran sebagai solusi untuk memecahkan penyebab tersebut. Strategi pemasaran yang direkomendasikan adalah analisis STP baru dan stragegi promosi untuk Sanding Resto yang terdiri dari Facebook, Instagram, iklan banner, situs ulasan restoran dan Go-Food. Penulis berharap Sanding Resto dapat menerapkan rekomendasi dari penulis untuk memecahkan penyebab perusahaan sehingga dapat mencapai target yang ditentukan oleh pemilik Sanding Resto.