digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan pusat perbelanjaan merupakan sebuah fenomena yang sedang terjadi di Indonesia, terutama di Kota Jakarta. Pada dasarnya fungsi pusat perbelanjaan adalah tempat bagi masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan. Pusat perbelanjaan kini tidak hanya sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan tersebut, namun telah beralih fungsi menjadi sebuah tempat dimana sebagian besar masyarakat memenuhi kebutuhan bersosialisasi, menikmati berbagai macam hiburan, atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Tujuan dari proyek tugas akhir ini adalah merancang fasilitas yang dapat mewadahi kebutuhan warga DKI Jakarta akan tempat rekreasi dan hiburan, tempat bersosialisasi, tempat makan dan minum, dan belanja kebutuhan secara terintegrasi, dengan harapan terciptakan sebuah ruang publik yang dapat dijadikan sebagai wadah interaksi sosial masyarakat yang dapat menghubungkan keberagaman fungsi pada kawasan tersebut. Pendekatan perancangan menggunakan pendekatan fungsional ruang yang diolah ke dalam konsep pengalaman ruang yang mempertimbangkan potensi tapak di kawasan, memberikan pengalaman menarik terkait dengan ruang, tempat, jarak, lokasi, bentuk, atau ukuran. Metode yang digunakan meliputi proses penyusunan program ruang, konseptual desain, studi tipologi, studi preseden, dan survey tapak.