digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dari tahun ke tahun, Telkomsel memimpin pasar industri telekomunikasi Indonesia dengan dua segmen utama segmen Telkomsel, pascabayar dan prabayar. Segmen pascabayar yang diwakili oleh KartuHalo memimpin oleh 75% di antara segmen pascabayar, namun kepemimpinan ini hanya berarti 2% dari total pelanggan Telkomsel. Untuk mengonversi pasar dari segmen prabayar ke pascabayar merupakan hal yang sulit bagi perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Ada empat hambatan utama bagi orang untuk beralih dari prabayar menjadi pascabayar. Ada yang takut tagihan membengkak, tidak mau mengubah nomor saat ini, proses rumit dan KartuHalo dikenal sebagai merek mahal. Sebenarnya Telkomsel sudah mecoba untuk mengatasi hambatan-hambatan ini, tapi nyatanya, pergerakan itu tidak membuat perubahan berarti. Setelah penulis melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan kuesioner dan wawancara, penulis menyimpulkan bahwa KartuHalo perlu melakukan publikasi lebih intens dan menambahkan beberapa program baru untuk KartuHalo untuk meningkatkan basis pelanggan KartuHalo. Dan terakhir ada target potensial baru untuk KartuHalo yang merupakan mahasiswa.