2018 TA PP WINA SEPTIANI 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Taupik Abidin 2018 TS PP WINA SEPTIANI 1 - FULL TEXT.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin
Dunia kita saat ini menjadi semakin interaktif, terkoneksi, dikendalikan oleh pelanggan, dan semakin
digital, perusahaan tidak cukup jika hanya fokus pada aktivitas dan faktor keberhasilan tentang bagaimana
menerapkan marketing mix ke dalam strategi pemasaran dengan baik, tetapi juga perlu memperhatikan
proses yang menghubungkan variabel marketing mix tersebut sehingga setiap elemen dalam marketing
mix dapat digunakan sebagai strategi pemasaran tersendiri dan membantu pemasar membedakan
masing-masing elemen untuk menunjukkan faktor yang relevan jika ada beberapa masalah yang terjadi
dan mendukung keseluruhan kinerja dalam strategi pemasaran. Pada tahun 2016, Profesor Waldemar
Pfoertsch menciptakan proses marketing mix yang berpusat pada pelanggan dan perusahaan melalui
Marketing Mix: 5E (Exchange The Knowledge, Expand The Value, Extend The Channels, Evolve The
Solutions and Engage The Brand) , namun elemen-elemen tersebut belum pernah diterapkan dalam sebuah
perusahaan sebelumnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih banyak
informasi mengenai kecocokan dan kegunaan Marketing Mix: 5E terhadap bisnis UKM dalam industri
digital.Pendekatan kualitatif dilakukan dengan melaksanakan wawancara kepada enam CEO dan CMO
dari UKM digital, lima dari Indonesia dan satu dari Jerman. Pendekatan ini diikuti oleh metode triangulasi
untuk validasi temuan melalui teori yang dibuat oleh Prof Waldemar Pfoertsch sendiri. Hasil
menunjukkan bahwa perusahaan yang melakukan pertukaran pengetahuan menciptakan arti yang lebih
baik dan lebih kepada pelanggan, perusahaan yang memiliki lebih banyak saluran menciptakan arti yang
lebih baik dan lebih banyak kepada pelanggan, perusahaan yang melakukan pertukaran pengetahuan dan
memiliki banyak saluran menciptakan arti yang lebih banyak bagi pelanggan dan membuat perusahaan
menjadi lebih baik dan kompetitif di industri yang dijalani, perusahaan yang secara bertahap
mengembangkan solusi, dapat bersaing lebih baik di pasar, dan kepercayaan terhadap merek yang
diperoleh oleh perusahaan dari pelanggan mempengaruhi kesetiaan pelanggan. Temuan penelitian ini
akan berguna bagi perusahaan digital bisnis ke bisnis dalam meningkatkan strategi pemasaran mereka di
era digital saat ini.