digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Corporate university benar-benar telah menjadi fenomena global semenjak kemunculannya di Amerika Serikat dan telah menjadi salah satu pendekatan yang progresif digunakan oleh berbagai organisasi di banyak negara untuk pengembangan modal insani mereka dan termasuk di Indonesia. Akan tetapi penelitian akademis dan publikasi ilmiah mengenai konsep ini pada konteks perusahaan di Indonesia masih sangat terbatas bahkan dapat dikatakan langka. Hal ini mendasari pentingnya melakukan penelitian mengenai corporate university terutama pada konteks perusahaan-perusahaan di Indonesia yang baru menjalankan konsep ini. Dengan mempertimbangkan masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan praktik corporate university terkini di Indonesia, (2) membuat model konseptual untuk membantu memahami fenomena corporate university di Indonesia, dan (3) menggali berbagai isu dan tantangan utama yang dihadapi oleh corporate university di Indonesia. Penelitian eksplorasi dipilih untuk membantu menjawab tujuan penelitian ini dengan tujuh corporate universities dipilih sebagai sampel penelitian ini. Analisis tematik dengan menggunakan teknik coding, dokumen analisis, serta observasi dilakukan dalam pengumpulan data dan analisis. Hasilnya, corporate universities yang diteliti menunjukan bahwa mereka lebih dari sekedar berganti nama dan dalam praktiknya mereka berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari induk organisasi mereka. Dalam praktiknya corporate universities dapat dijelaskan dalam empat profil yaitu profil organisasional, profil infrastruktur pembelajaran dan operasi, profil manajemen pembelajaran, serta profil kemitraan. Penelitian ini memunculkan empat isu dan tantangan utama yang dihadapi oleh corporate universities diantaranya yaitu pembelajaran dan operasi berbasis teknologi, kolaborasi dan kemitraan antar organisasi, inovasi berkeanjutan dalam solusi pembelajaran, dan komunikasi yang berkelanjutan kepada seluruh pemangku kepentingan di organsiasi maupun di luar organisasi. Pada akhirnya, sebuah model konseptual dibangun untuk membantu memahami fenomena corporate university di Indonesia dimana peneliti melandaskan pada praktik mereka di Indonesia.